Tips Mempercepat Kinerja Android dengan Mudah

20:22


Tips Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Hp Android Anda

Tips meningkatkan kinerja Android
Source ; Wikipedia.com
suteki-share –  Android adalah suatu sistem operasi Open Source berbasis Linux buatan Raksasa Teknologi Dunia yaitu Google yang kini menjadi favorit para penggemar Smartphone dunia.
Alasan bayak orang menyukai Sistem Operasi yang berlogo Robot Hijau ini karena beberapa hal , seperti Cara memakainya yang mudah sehingga cocok untuk orang-orang awam yang baru mengenal android. Aplikasi nya yang beragam dan dapat di unduh melalui Play Store , Tampilannya yang menarik dan tidak membosankan dan masih banyak lagi.

Tapi android juga mempunyai kekurangan, Kinerja android akan semakin melamban atau mengalami penurunan seiring berjalannya waktu, Penurunan kinerja tersebut dapat dipengaruhi oleh Faktor Perangkat Android mu sendiri (yang mengalami biasanya adalah perangkat yang mempunyai RAM dibawah 1 GB) dan Faktor Manusia yang kurang berhati-hati saat menggunakan Android seperti menginstal aplikasi yang tidak perlu,menyimpan terlalu banyak data di memori internal, jarang membersihkan cache,dan lainnya. Oleh Karena itu kali ini saya akan membagikan tips untuk meningkatkan atau mempercepat kinerja androidmu ala Suteki-Share.


1. Meng-Uninstal Aplikasi yang tidak perlu
     Sekiranya gunakanlah aplikasi yang kamu rasa perlu ,jangan menginstal aplikasi yang dirasa tidak bermanfaat dan jarang digunakan. Hal tersebut dapat memperlambat kinerja Android mu karena masing-masing aplikasi yang diinstal akan membuat cache data yang lama-lama makin menumpuk dan otomatis membuat kinerja Androidmu menjadi lamban.


2. Jangan Gunakan Memori Internal Sebagai Penyimpanan File Utama
      Gunakanlah Memori External sebagai penyimpanan file utama seperti Game,Musik,Foto,Video, ataupun file lainnya. Hal ini penting untuk diperhatikan karena Memori Internal juga berisi sistem yang menjadi inti dari android. Jadi jika kamu tetap menggukan memori internal sebagai penyimpanan , itu akan mengganggu kinerja Android mu sendiri.


3. Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background
      Aplikasi yang berjalan di background maksudnya adalah aplikasi tersebut belum benar-benar tertutup alias masih berjalan di balik layar. Kebanyakan Orang menutup aplikasi langsung menekan tombol home. Padahal sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan . Mungkin satu atau dua aplikasi tidak akan menjadi masalah,tapi jika ada banyak aplikasi yang berjalan di background itu akan memperlambat kinerja androidmu.
      Salah satu cara mengatasinya yaitu mengeluarkan aplikasi dengan tombol back maupun tekan pilihan lalu exit, bisa juga menggunakan aplikasi greenify yang cara penggunaanya dapat kamu lihat di artikel saya sebelumnya. Task Killer mungkin bisa menjadi pilihan tapi sangat tidak disarankan karena Task Killer akan mematikan aplikasi itu sepenuhnya, dan untuk menjalankannya kembali harus membukanya lagi secara manual.


4. Mematikan Auto Update pada Android
      Android itu selalu terhubung ke internet , Oleh karena itu update juga dibutuhkan untuk memperbarui Aplikasi maupun Sistem Android kita. Tapi Aktivitas Update tersebut sewaktu-waktu dapat berjalan tanpa sepengetahuan kita dan Hal tersebut dapat mempelambat kinerja android kita. Cara untuk mengatasinya yaitu mematikan Fitur Update pada pengaturan android.


5. Hapus File Yang Tidak Perlu
      Hapuslah File yang kamu rasa sudah tidak dibutuhkan lagi, baik itu di memori internal maupun eksternal. Hal ini diperlukan untuk mempercepat kinerja android kita karena file seperti musik.video,gambar dan file lain yang menumpuk akan membuat memori penuh dan mengganggu kinerja android.


6. Mematikan Fitur Autorotate
      Auto rotate memang dapat membuat Android kita terlihat menarik, tapi kadang Auto rotate membuat Android terlihat menjadi lamban. oleh karena itu di matikan saja fitur Auto Rotate jika sedang tidak digunakan


7. Melakukan Root ,Overclock CPU, dan memasang Tweak
      Melakukan akses root pada android kita dan dilanjutkan dengan Overclock atau Memasang Tweak memang cara yang ampuh untuk mempercepat kinerja Androidmu,hanya saja melakukan hal itu dapat membuat garansi Android kita menjadi hangus dan beresiko terjadinya bootloop/hardbrick. Oleh karena itu , lakukanlah akses Root jika memang kamu sudah benar-benar yakin.


Sumber : Pengalaman Pribadi


Sekian Tips Mempercepat Kinerja Android dengan Mudah ala Suteki-Share . Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika ada masalah atau ingin bertanya silahkan berikan komentar anda dibawah atau hubungi saya di :

  • Email : suprex29@gmail.com
  • Facebook : Supriyadi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
28 September 2017 at 08:50 delete

menguninstal aplikasi yang tidk perlu memang efektif buat mempercepat kinerja android ini...
http://cody.id/produk/lem-lcd-touchscreen/

Reply
avatar